Hasil Evaluasi BPKP, Pembangunan DD di Desa Hutauruk Sipoholon Terlaksana dengan Baik

pengelolaan Dana Desa

topmetro.news – Barangkali desa yang lain di Kabupaten Tapanuli Utara bisa mencontoh Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon dalam pengelolaan Dana Desa.

Sekedar informasi, beberapa hari lalu, hasil evaluasi Tim BPKP Provinsi Sumatera Utara terhadap pelaksanaan pembangunan Dana Desa (DD) Tahun 2019 di Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon Tapanuli Utara terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Tim BPKP yang turun ke semua lokasi pembangunan di Desa Hutauruk melakukan pemeriksaan fisik bangunan serta manfaatnya. Artinya, bukan sekedar dialokasikan saja.

Demikian juga tentang kelengkapan administrasi. Dalam berita acara hasil observasi lapangan disebutkan bahwa kondisi hasil pembangunan yang bersumber dari DD, telah selesai dilaksanakan dengan kondisi baik dan telah dimanfaatkan.

Tim BPKP yang turun melakukan evaluasi antara lain Elisa Riadi dan Kristian M Situmorang. Saat berada di lapangan, mereka didampingi Camat Sipoholon Richand Situmorang dan Kepala Desa Hutauruk Prins Jhon Manalu.

Tugas tim ini, melakukan evaluasi di Desa Hutauruk yang menjadi salah satu sampel di Kabupaten Tapanuli Utara tentang pelaksanaan Dana Desa tahun 2019.

Pembangunan Fisik

Kepala Desa Prins Jhon Manalu kepada topmetro.news, Kamis (13/2/2020) menjelaskan, khusus tahun ini penggunaan Dana Desa diperuntukkan untuk pembangunan fisik di lima kegiatan yakni: Pembangunan jalan pertanian berupa rabat beton. Pembangunan rabat beton di lingkungan pemukiman warga. Pembangunan dua irigasi di lokasi persawahan dan kolam ikan. Serta pembangunan tembok penahan tanah di pemukiman warga.

“Meskipun kita memiliki keterbatasan SDM, namun kita tetap berupaya melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya. Karena ini untuk kepentingan masyarakat. Dan semua kegiatan pembangunan adalah merupakan hasil musyawarah desa,” ujar pria yang sangat lama menggeluti dunia jurnalistik itu.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Related posts

Leave a Comment